Explore Jogja #1

08.37.00


Jogja merupakan salah satu kota dengan banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Sehari, dua hari, tiga hari, bahkan meskipun kamu udah keliling Jogja selama seminggu pun kamu masih akan menemukan tempat baru untuk dikunjungi. Nah, berikut ini adalah tempat-tempat yang pernah aku kunjungi dan aku rekomendasiin buat kamu kunjungi ketika kamu berlibur ke Jogja. Mulai dari yang paling mainstream, sampai beberapa yang “kurang” mainstream.

Hutan Pinus Imogiri

Hutan pinus berada di peringkat pertama tempat yang wajib kamu kunjungi. Kenapa? Karena selain tempat ini hanya berjarak sekitar 20 menit dari pusat kota, tempat ini juga mudah diakses dan menawarkan sensasi baru setiap kali orang mengunjunginya. Aku sendiri udah berkali-kali kesini. Mulai sejak tempat ini masih sepi, sampai sekarang udah ada tempat parkirnya saking banyaknya orang yang berkunjung. Menurutku, golden hour-nya kalo kamu mau kesini adalah pagi-pagi setelah sholat subuh dan pada weekdays untuk menghindari keramaian orang dan biar bisa dapet kabut. Trust me, Hutan Pinus Imogiri is the best place to chasing fog. And make sure you wear RED/YELLOW/or something eye-catching. Me? I wear RED.


Kraton Yogyakarta

Yaiyalah. Kalo kamu udah sering ke Jogja tapi belum berkunjung ke Kraton, rasanya ada yang kurang. Bisa dibilang Kraton Jogja ini adalah jantungnya kota. Believe me, this place is magical and full of culture. Tapi, pastiin kalo kamu nggak dateng kepagian ya.. Kraton Jogja buka pukul 8.30 WIB. Dan jika kamu pengen dapet hasil foto yang maksimal tanpa terganggu oleh keramaian, datengnya pas weekdays aja. tapi sebenarnya, meskipun sedang ramai, jika kamu jeli, kamu akan menemukan banyak spot keren buat foto.



Lava Tour Merapi

Dibanding dua tempat yang udah aku sebutin sebelumnya, tempat lava tour merapi ini beda sendiri karena berada di Kota Jogja bagian utara yaitu di Kaliurang. Untuk bisa mengikuti lava tour, kalian bisa sewa jeep dengan harga mulai dari 350k dengan maksimal penumpang 4 orang dalam satu jeep ditambah supir 1 jadi 5. Dengan biaya segitu, kalian akan diajak berkeliling ke tempat-tempat bekas erupsi mulai dari museum, batu alien, bunker merapi, rumah Mbah Marijan dan lain-lain bergantung paketan. Meskipun cukup mahal, tapi menurutku worth it sih..


Tamansari


Bangunan kuno yang terletak di pusat Kota Yogyakarta ini hampir selalu ramai oleh pengunjung di setiap harinya. Sudut-sudut yang cantik menjadikan tempat ini sebagai salah satu tempat fotogenik yang ada di Jogja. Waktu paling pas untuk berkunjung adalah pagi menjelang siang. Setelah berjalan-jalan di Kraton, mengunjungi Tamansari bisa menjadi opsi karena tempatnya yang dekat.


Gumuk Pasir Parangtritis

Tempat ini salah satu tempat paling mainstream tapi juga paling keren yang ada di Jogja. Berada sekitar setengah jam dari pusat Kota Yogyakarta, Gumuk Pasir Parangtritis ini menjadi salah satu tempat yang “worth it” karena keindahannya. Kapan lagi merasakan foto dengan sensasi padang pasir? Dan lagi, tempat ini keren sepanjang hari. Mulai dari pagi, siang, sore, bahkan malam. Malam? Nggak salah nih? Yups! Bener banget. Pada malam hari tempat ini cocok digunakan sebagai tempat buat hunting milky way. Oiya, waktu favoritku untuk dateng kesini adalah pagi hari sekitar jam 9-10 karena belum terlalu panas dan warna langit sedang bagus-bagusnya. Dan lagiiii.. tempat ini dekat dengan mana-mana! Pantai Parangtritis, Pantai Pelangi, Pantai Depok, Landasan Pacu…daaaaaan masih banyak lagi. So, see you in next posts ya!




Ps:
Kamu bisa google maps semua tempat di atas.

You Might Also Like

4 komentar

  1. Bagus sekali blog nya, sangat menginspirasi membuat saya jadi ingin ke jogja😍

    BalasHapus
  2. bulan lalu baru aje honeymoon ke jogja, tapi baru ke hutan pinus doang, yang ada di poin2 lainnye belom kesampean :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa Kak Pin! Nanti biar kalo ke Jogja lagi ada tempat baru buat didatengin❤️ Hehehe senengnya diblogwalking sam Kak Pina... Sering2 update blog dooooong kayak dulu hehehe

      Hapus